Anda berencana untuk membeli rumah, tetapi tidak mengetahui berapa biaya yang perlu dikeluarkan serta berapa besar cicilan rumah yang dibayarkan? Anda jangan khawatir. Pasalnya dapat menggunakan kalkulator kredit sebagai aplikasi yang tepat untuk menghitung KPR (kredit pemilikan rumah) yang perlu dibayar nantinya.   

Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan kalkulator kredit rumah. 

  1. Memilih Jenis Kredit

Fitur pada kalkultor untuk kredit membantu Anda untuk memilih jenis kredit yang nantikan harus diajukan kepada pihak perbankan. Pilihan jenis kredit ini biasanya terdapat beberapa pilihan, seperti KPA, KPR, dan Ruko. 

Apabila Anda berencana untuk mencicil rumah, maka dapat memilih opsi KPR yang tertera di kolom kredit. 

  1. Memilih Tenor

Kalkulator kredit online menyediakan berbagai fitur yang mempermudah Anda, salah satunya ialah fitur tenor, yaitu pemilihan jangka waktu pinjaman yang ingin Anda gunakan. Semakin kecil tenor yang dipilih, maka nominal biaya cicilan yang perlu dibayar akan semakin besar. Sedangkan tenor yang panjang, angka cicilannya semakin kecil.

Pada kredit pemilikan rumah atau KPR, umumnya tenor yang bisa Anda pilih cukup beragam, mulai dari 1 tahun hingga maksimal 20  tahun. Tenor ini pun digunakan agar dapat menentukan besaran cicilan yang harus dibayar pada setiap bulannya. 

  1. Menentukan Jumlah Pinjaman

Kalkulator kredit ini memberikan Anda kemudahan dalam menentukan besaran pinjaman yang nantinya harus diajukan kepada pihak perbankan. Dengan menentukan besaran pinjaman ini Anda juga akan mengetahui besaran cicilan yang perlu dibayar setiap bulannya. Dengan begitu, Anda pun menjadi lebih mudah dalam mempersiapkan budget, atau bahkan dapat mulai menghitungnya supaya pengeluaran setiap bulannya tidak terganggu.

Dalam melakukan perhitungan simulasi ini, coba untuk memasukkan nominal yang diinginkan terlebih dahulu. Namun, sebelum itu ada baiknya Anda telah menentukan target tenor yang diinginkan agar dapat menentukan batas maksimal nominal kredit. 

  1. Mengetahui Besaran Suku Bunga 

Mengetahui besaran suku bunga sebelum mengambil cicilan rumah tentu sangatlah penting dan perlu diperhatikan baik-baik. Umumnya, suku bunga terdapat 2 jenis, yaitu floating rate dan flat. Kedua jenis suku bunga ini membantu Anda untuk mengetahui informasi mengenai persentase serta besaran jumlah uang yang nantinya dibebankan pada Anda di setiap bulannya. 

  1. Estimasi cicilan

Kalkulator kredit KPR ini juga menyediakan fitur estimasi cicilan. Fitur ini fitur akhir yang ada di kalkulator dan sangat penting untuk dilakukan yang mana dengan mengisi informasi dan data di awal, Anda akan mengetahui jumlah besaran uang yang perlu dibayarkan setiap bulannya. 

Menggunakan kalkulator kredit kredit pemilikan rumah untuk keperluan mencicil rumah tentu tidak dapat dikatakan  sepele. Pasalnya, aplikasi ini sangat penting bagi Anda untuk menentukan besaran cicilan. Dengan begitu, beban biaya yang perlu dibayar setiap bulannya dapat sesuai dan tidak over budgeting. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.