Dibandingkan chest freezer, kulkas freezer menawarkan keunggulan dari segi penyimpanan. Pasalnya, perangkat elektronik ini tak memerlukan ruangan luas, belum lagi perawatannya yang mudah. Namun dalam memilihnya pun Anda perlu memperhatikan sejumlah aspek, seperti yang dijelaskan berikut ini!

  1. Cek kapasitas dan jumlah rak

Kapasitas dan jumlah rak freezer disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, upright freezer berkapasitas 100-200 liter cocok untuk pemakaian rumah tangga. Sementara Anda yang mengelola bisnis kuliner sebaiknya menggunakan freezer dengan kapasitas di atas 400 liter.

Begitu pula dengan rak, pilihlah yang jumlahnya sesuai makanan atau produk lain yang akan Anda simpan. Perhatikan juga luasnya, terutama kalau sering menyimpan bongkahan es atau daging.

  1. Sesuaikan ukuran dengan ruangan

Meski ukuran kulkas kian beragam, Anda perlu memperhatikan ruangan yang akan dipakai untuk menyimpannya. Jangan sampai Anda kesulitan memasukkan atau mengeluarkannya. Ukuran yang terlalu besar pun berisiko menghalangi akses orang-orang di tempat tersebut.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengukur ruangan sebelum membeli kulkas freezer. Dari sini Anda tinggal sesuaikan dengan jenis perangkat yang diperlukan.

  1. Pertimbangkan fitur-fitur tambahan

Masing-masing brand biasanya menawarkan berbagai fitur tambahan sebagai daya tarik. Walau terlihat menggiurkan, akan lebih baik kalau fiturnya memang yang Anda butuhkan. Misalnya auto frost untuk mencegah munculnya bunga es dan auto-defrost untuk efisiensi energi.

Bagi Anda yang sering menyimpan bahan baku mentah dapat memprioritaskan fitur antibakteri. Jadi, kulkas tak akan mengeluarkan bau tak sedap.

  1. Hitung daya listrik yang diperlukan

Untuk menjaga bahan makanan segar dan tak mudah busuk, freezer tentunya harus dihidupkan sepanjang hari. Namun, hal tersebut akan berimbas pada konsumsi energi listrik yang cukup besar. Tanpa mengetahui pemakaiannya, tagihan pasti bakal membengkak.

Jadi, seperti luas ruangan, Anda perkirakan dulu daya listrik yang nanti dibutuhkan kulkas. Langkah ini bakal memudahkan pencarian berdasarkan kapasitas energi.

Semoga panduan ini memudahkan Anda menemukan kulkas freezer, baik untuk kepentingan rumah tangga atau operasional bisnis!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.