Kemudahan dalam mendapat mobil-mobil baru di tahun belakangan ini karena adanya sistem pembayaran melalui cicilan mobil baru yang tergolong lebih mampu memenuhi kantong masyarakat yang pas-pasan di tengah krisis ekonomi. Ini membuat masyarakat tidak merasa terlalu berat jika ingin segera memiliki mobil baru.

Permasalahan Sistem Kredit

Di tengah sistem kredit banyak terjadi permasalahan yang ditemui, salah satunya ketika si pembeli tidak sanggup bayar cicilan mobil. Sebenarnya ini tidak terlalu menjadi masalah bagi pihak leasing atau bank bila si pembeli mau bekerja sama dengan baik untuk menyelesaikan masalah ini. Lalu bagaimana kalau kita sendiri mengalaminya? Apa yang bisa kita lakukan di tengah cicilan mobil baru yang belum lunas begitu?

Solusi Sistem Kredit

Sejumlah pihak leasing atau bank sering menemui pembeli yang mengalami masalah di tengah pembayarannya, misal tidak sanggup membayar lagi karena suatu hal yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Namun hal ini tidak menjadi hambatan bagi mereka dalam menyediakan kebutuhan masyarakat terhadap mobil. Inilah beberapa hal yang disediakan pihak leasing atau bank untuk ketika si pembeli tidak mampu membayar bunga cicilan mobil baru.

1. Lakukan Restrukturisasi Kredit

Memang awalnya ini terdengar asing di telinga kita namun mulai banyak dibicarakan ketika situasi pandemi sampai mempengaruhi ekonomi kita. Restrukturisasi bisa diajukan oleh pihak pembeli. Ini memungkinkan si pihak pembeli mendapat keringanan dalam pembayaran cicilan mobil. Hal yang dipengaruhi misalnya pada aturan pembayaran cicilan yang awalnya sekian dikurangi menjadi sekian, tapi konsekuensinya semakin lama masa pembayarannya.

2. Penyerahan Agunan

Namun bagaimana kalau restrukturisasi masih memberatkan bagi kita? Tenang, masih ada solusi lain yaitu penyerahan agunan. Kita bisa menjual barang yang kita beli dengan kredit tersebut kemudian uangnya diserahkan kepada pihak leasing atau bank.

Penutup

Dalam situasi ketika kita sedang ada cicilan mobil baru memang tidak dapat dipungkiri muncul permasalahan di dalamnya. Hal ini biasa terjadi pada kita yang tidak mampu lagi membayar cicilan. Namun beberapa hal di atas patut dicoba ketika kita sendiri terjebak dalam situasi tersebut.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.