Menjadi guru yang baik tidak selalu harus mengajar di sekolah formal. Mengajar les private juga salah satu pekerjaan yang menyenangkan. Agar banyak dipilih untuk menjadi guru les privat sekolah internasional, anda perlu menjadi guru yang disukai, dan dicintai siswanya. Dengan begitu anda bisa kebanjiran permintaan untuk menjadi guru mereka. Berikut syarat-syarat yang harus dimiliki.   

Jaga Penampilan Anda

Penampilan adalah hal penting yang harus diperhatikan karena termasuk dari cerminan diri anda. Apalagi pada hari pertama mengajar les privat, bangun kesan pertama yang baik di depan siswa dan orang tuanya. Usahakan menggunakan pakaian yang pantas dan tidak berlebihan.

Siapkan Bahan dan Media Pembelajaran

Cara menjadi guru les privat berikutnya adalah siapkan topik materi lengkap sebelum mulai mengajar. Gunakan metode-metode belajar yang unik dan menyenangkan. Dengan begitu anak tidak akan mudah bosan, justru tidak sabar untuk belajar dengan anda.

Luangkan Waktu untuk Bercerita Sebelum Belajar

Sebelum mulai belajar, anda bisa luangkan waktu untuk bercerita dengan siswa. Tanyakan bagaimana kabarnya, apa yang menarik hari ini di sekolah, dan lainnya. Hal ini bisa mengasah kemampuannya untuk berbicara dan berpendapat.

Berperan Sebagai Teman Belajar Buka Guru Kelas

Jangan menjadi guru les privat yang idealis. Bertindaklah sebagai teman belajarnya, namun tetap pada batasannya. Usahakan tidak terlalu sering memberikan pekerjaan rumah. Anda harus bisa menjadi orang yang paling mengerti kebutuhan siswanya akan pendidikan, mengerti bagaimana kesulitannya dalam belajar. 

Tugas utama guru les private adalah sebagai teman belajar, bukan sebagai orang tuanya, jadi tidak perlu marah atau kesal jika siswa mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Justru harus menjadi penyemangat agar siswa bisa menjadi lebih giat lagi.

Bentuk Karakter Siswa dan Tanamkan Sikap Moral

Tunjukkan sikap-sikap terpuji di depan siswa, jangan pernah terlihat kesal atau cemberut. Selalu tersenyum, memberi semangat, jika siswa salah berikan koreksi dengan lembut atau sesuai karakternya. Jadi selain mengajar, anda bisa terapkan sikap atau moral kepada siswa dengan cara yang bisa diterima olehnya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.