Kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan masalah, seperti gusi bengkak, sariawan, gigi berlubang dan bau mulut hingga komplikasi penyakit yang membahayakan. Selain, melakukan perawatan sendiri di rumah, gosok gigi anda juga perlu melakukan perawatan gigi di klinik dokter gigi jakarta timur.

Langkah-langkah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Bagaimana langkah-langkah dalam menjaga gigi dan mulut dengan tepat? Berikut ulasannya:

  1. Mengunyah permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet yang bebas gula dinilai dapat meningkatkan air liur dalam rongga mulut. Peningkatan aliran tersebut bisa membantu menetralkan dan menghilangkan asam yang diproduksi saat makanan diuraikan oleh bakteri pada plak gigi. 

Klinik dokter gigi jakarta, disamping itu, saat anda mengunyah permen karet, air liur juga akan membantu dalam mengurangi plak, mencegah gigi berlubang dan memperkuat gigi.

  1. Berkumur dengan larutan garam atau obat kumur

Selain untuk menghilangkan bau mulut, obat kumur juga bisa diandalkan untuk mencegah sakit gigi. Kandungan dalam obat kumur dipercaya mampu mengontrol pertumbuhan bakteri dan mengurangi plak yang masih menempel. 

Sebagai cara alami mencegah sakit gigi, anda bisa menggunakan air larutan garam untuk berkumur secara rutin. Selain itu, larutan desinfektan alami yang terkandung di dalam garam juga dapat menyembuhkan luka dan meredakan sakit tenggorokan.

Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Klinik dokter gigi jakarta timur, selain mengetahui langkah-langkah dalam menjaga gigi dan mulut di atas, anda juga harus memperhatikan cara anda dalam menggosok gigi. Bagaimana cara menggosok gigi dengan baik? simak penjelasannya! 

  1. Mulai dari seluruh gigi geraham

Oleskan pasta gigi secukupnya pada permukaan sikat gigi, lalu gosok bagian luar gigi geraham (pada perbatasan gigi dan gusi lakukan gerakan memutar selama 20 detik). Kemudian, gosok gigi geraham dari atas ke bawah untuk menghilangkan plak di permukaan dan sela-sela gigi.

  1. Lalu, sikat gigi bagian depan

Selanjutnya, arahkan sikat ke gigi depan bagian luar. Gerakkan sikat gigi secara melingkar dan perlahan. Jika sudah, gosok juga bagian dalamnya dengan gerakan vertical (atas ke bawah), baik pada deretan atas maupun bawah. Lakukan berulang sebanyak 2-3 kali di masing-masing sisi.

  1. Menyikat permukaan mengunyah

Pada permukaan mengunyah gigi geraham ukurannya lebar dan agak cekung, jadi kemungkinan akan menjadi tempat menempelnya makanan. Dibagian ini sikat permukaan gigi dengan gerakan memutar agar sisa makanan bisa terangkat.

  1. Menyikat area lidah dan sisi dalam pipi

Klinik dokter gigi jakarta timur, jangan lupa untuk menyikat permukaan lidah dan sisi dalam pipi dengan lembut menggunakan sikat gigi atau sikat lidah. Karena bisa saja bakteri dan sisa makanan penyebab bau mulut menempel pada area ini. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.